Rabu, 13 November 2013

PERUBAHAN PERTANIAN

REMIDIAL UNTUK XII IPS B Di era 70-an, dunia pertanian kita mengalami keterkejutan yang membawa dampak perubahan sosial yang sangat signifikan, yaitu pertanian yang sebelumnya bercocok organik, serta-merta beralih ke system bertani kimia. Perubahan ini biasa dikenal sebagai revolusi hijau. Perubahan ini ditandai dengan penggunaan pupuk anorganik, penggunaan obat-obat kimia pembasmi hama, dan penggunaan bibit pertanian hasil rekayasa genetika. Perubahan yang paling kentara adalah bergesernya pola pertanian tradisional menjdi pola pertanian yanag (konon dikatakan) modern. Dampak lain yang mengiringi perubahan ini adalah terjadinya meknisasi pertanian. Konsekuensinya, muncul pemilik modal untuk berinvestasi di sektor pertanian. Hal ini sangat bisa dimaklumi mengingt kegiatan mekanisasi pertanian, selain menjanjikan kebutuhan besar, sector ini juga memerlukan modal yang besar pula. Jelas suatu kondisi yang tidak memungkinkan terjangkau oleh kebanyakan petani kita yang hanya mempunyai permodalan kecil. Sehingga mucullah perkebunan-perkebunan baru yang membuka lahan ribuan, bahkan jutaan hectare. Persoalan yang timbul adalah mekanisasi pertanian telah meminggirkan petani tradisional yang menggunakan peralatan tradisional (cangkul, sabit, semprot, pompa air,dan sebagainya). Mesin-mesin pertanian (traktor, mesin semprot, pompa air, dan sebagainya). Mesin-mesin ini hanya mampu dimiliki oleh pertain bermodal besar. Dalam kondisi seperti ini mulailah terlihat dampak sosial terjadi dimasyarakat. Petani kecil semakin tidak berdaya menghadapi serbuan petani bermodal besar. Cermatilah kasus diatas! Kemudian tuliskan komentar kamu dengan menganalisis pertanyaan-pertanyaan ini: (a).Adakah perubahan sosial dalam kasus di atas? (b).Berdasarkan materi di atas, bagaimanakah bentuk perubahan yang terjadi? (c).Temukan pula faktor-faktor penyebab terjadinya perubahan soal tersebut!

14 komentar:

Cahyanti Anggraeni mengatakan...

a) Perubahan sosial yg terjadi adalah peralatan
pertanian, perubahan rotasi
tanaman, dan perubahan sistem pengairan.
b) bentuk perubahan revolusi, perubahan secara cepat
menyangkut masalah pembaruan
teknologi pertanian dan
peningkatan produksi pertanian,
baik secara kuantitatif maupun
kualitatif.
c) faktor penyebab perubahan sosialnya adalah
- penemuan-penemuan baru (inovasi)
- pengaruh kebudayaan masyarakat lain
Nama : Cahyanti Kusuma A
Kelas : XII - IPS B / 09

Muhammad Ryan Nuryadi mengatakan...

A. Ada perubahan terjadi dari masyarakat tradisional ke masyarakat modern. Terlihat dari perubahan dalam peralatan yang semakin canggih.
B. Bentu perubahannnya cenderung cepat dan tidak ada perencanaan ini termasuk bentuk perubahan revolusi.
C. Faktornya antara lain ada nya penemuan baru dan pengaruh kebudayaan masyarakat lain

Anonim mengatakan...

a. perubahan sosial yg terjadi yaitu dalam segi peralatan pertanian dan cara bertani /sistem pertaniannya
b. bentuk perubahannya yaitu adalah revolusi secara cepat yg berkaitan dengan masalah pembaharuan sistem pertaniaan maupun teknologi pertaniaan modern
c. faktor penyebab perubahan sosial adalah
* kualitas hasil pertanian
* teknologi teknologi baru yg bermunculan / inovasi inovasi baru

Nama : Bobby evans H.F.S
Kelas : XII - IPS B
Absen : 08

Amalia Pratiwi mengatakan...

A. Tentu ada, terlihat dari peralatan yang semakin canggih menunjukan adanya perubahan dari masyarakat tradisional menjadi modern.
B. Bentuk perubahannya adalah revolusi yaitu perubahan cepat yang tidak direncanakan sebelumnya.
C. Faktor penyebabnya yaitu inovasi atau penemuan baru dan juga pengaruh dari kebudayaan lain.

Nama: Amalia Pratiwi
Kelas: XII IPS/05

Irvan Fauzy mengatakan...

NAMA : IRVAN FAUZY
KELAS : XII IPS B
No. Absen : 22

a. Ya, ada. Yang pertama adalah perubahan ada penggunaan alat pertanian yang dahulu hanya memakai kerbau untuk membajak sawah sekarang memakai traktor yang lebih dikenal dengan mekanisasi pertanian, yang kedua para petani yang dahulu bertani dengan corak organik beralih ke corak anorganik / kimia dari pemakaian pupuk hingga penggunaan bibit. Yang ketiga adalah ketidakberdayaan petani kecil karena tidak mempunyai modal yang cukup besar


b. bentuk perubahan yang terjadi adalah yang pertama adalah perubahan revolusi karena belangsung sangat cepat, yang kedua perubahan yang direncanakan karena perubahan tersebut telah direncanakan oleh pemerintah dalam suatu program dimana program tersebut untuk meningkatkan produksi dalam bidang pertanian, yang ketiga adalah perubahan yang berpengaruh besar karena menyangkut masalah mata pencaharian petani yang bermodal besar mulai membuka perkebunan

c.
- Adanya penemuan - penemuan baru ( inovasi )
- Adanya kontak dengan budaya lain
- Adanya ketidakpuasan masyarakat dalam bidang pertanian

Alvian agung mengatakan...

A. Ada. Perubahanya terlihat dari perubahan peralatan yang ada di dalam pertanian masyarakat saat ini, Yaitu dari masyarakat tradisional ke modern. Masyarakat cenderung menggunakan teknologi dalam pekerjaan maupun kehidupan sehari hari.

B. Bentuk perubahanya cepat. Ini merupakan perubahan revolusi

C. Perubahannya adalah perubahan dalam menggunakan teknologi yang semakin canggih. Ini termasuk kedalam faktor penemuan baru atau inovasi

Nama: Alvian Agung Nugroho
kelas : Xll IPS B
Absen: 4

Mustang Fadillah mengatakan...

a. Ada. Perubahan sosial yang paling menonjol dari kasus tersebut adalah perubahan sosial dari Masyarakat Tradisional yang sebelumnya hanya bercocok tanam secara tradisional menggunakan alat alat sederhana seperti membajak sawah menggunakan kerbau, menjadi Masyarakat Modern yang menggunakan mesin mesin pertanian yang canggih seperti traktor dan obat obat kimia seperti pestisida untuk membasmi hama. Namun perubahan sosial tersebut memiliki dampak negatif, yaitu petani yang memiliki permodalan kecil tidak akan mampu untuk memiliki alat alat canggih tersebut karena untuk memilikinya memerlukan modal yang cukup besar. Sehingga petani yang memiliki modal kecil tidak memiliki kesempatan untuk bersaing dengan petani yang memiliki modal besar.

b. Perubahan sosial yang terjadi berlangsung secara cepat dan tidak direncanakan. Hal ini ditandai dengan penggunaan alat alat canggih dan obat obatan kimia dalam pertanian, terjadinya mekanisasi pertanian, dan berubahnya pola pertanian tradisional menjadi pertanian modern. Perubahan ini pun semata mata dilakukan untuk meningkatkat kuantitas dan kualitas produksi pertanian. Dapat disimpulkan bentuk perubahan sosial yang terjadi pada kasus tersebut adalah Perubahan Revolusi.

c. Faktor penyebab dari perubahan sosial pada kasus tersebut adalah

1. Penemuan - Penemuan Baru (Inovasi)

Yang menjadi faktor utama pada perubahan sosial dalam kasus tersebut adalah ditemukannya peralatan peralatan canggih dan obat obat kimia yang diyakini dapat membantu para petani untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas produksi pertaniannya.

2. Ketidakpuasan masyarakat terhadap hasil produksi pertaniannya
3. Berkembangnya Ilmu Pengetahuan di Masyarakat
4. Adanya pengaruh dari kebudayaan masyarakat lain


Nama : Fadel Muhamad Fadillah
Kelas : XII IPS B
Absen : 15

Amalia Pratiwi mengatakan...

A. Tentu ada, terlihat dari peralatan yang semakin canggih menunjukan adanya perubahan dari masyarakat tradisional menjadi modern.
B. Bentuk perubahannya adalah revolusi yaitu perubahan cepat yang tidak direncanakan sebelumnya.
C. Faktor penyebabnya yaitu inovasi atau penemuan baru dan juga pengaruh dari kebudayaan lain.

Nama: Amalia Pratiwi
Kelas: XII IPS B
Absen: 05

Jerico Kevin mengatakan...

A. Ada, yaitu perubahan yang terjadi dari masyarakat tradisional ke masyarakat modern. Terlihat dari perubahan dalam peralatan yang semakin canggih.

B. Bentu perubahannnya cenderung cepat dan tidak ada perencanaan sebelumnya, jadi ini termasuk bentuk perubahan revolusi

C. Faktornya antara lain ada nya penemuan baru dan pengaruh kebudayaan masyarakat lain

Jerico Kevin
XII IPS B

anggriyan wicaksono mengatakan...

A.ada,salah satunya adalah perubahan pada peralatanya,yang dulu membajak sawah menggunakan tenaga hewan kini beralih menggunakan tenaga mesin

B.bentuk yang terjadi adalah perubahan revolusi karena berlangsung sangat cepat.

C.adanya penemuan baru dan berkembangnya ilmu pengetahuan dalam bidang pertanian

Anggriyan Wicaksono
XII IPS B
07

Anonim mengatakan...

A. Ada. Perubahan yang terjadi di masyarakat itu dari tradisional ke masyarakat modern. Terlihat dari peralatan mereka yang tadinya hanya cangkul, sabit, semprot, pompa air sekarang berganti menjadi peralatan modern.

B. Bentuk perubahannya termasuk cepat dan ini dinamakan revolusi

C. Faktor penyebab terjadinya perubahan sosial tersebut adalah
1. adanya penemuan penemuan baru (inovasi).
2. Ketidak puasan masyarakat terhadap hasil produksi pertaniannya.
3.Berkembangnya ilmu pengetahuan di masyarakat.
4. Adanya pengaruh dari kebudayaan masyarakat lain.


Nama : fikri hidayatulloh
Kelas : XII IPS B
Absen : 17

Anonim mengatakan...

A. Ya ada, karena di dalam pertanian masa kini sudah bertolak belakang, contohnya : pupuk yang dulunya menggunakan pupuk organik, sekarang menggunakkan pupuk anorganik dan menggunakan zat kimia sebagai pembasmi hama.

B. Perubahannya yaitu penggunaan bahan pupuk dan alat pembajaknya. Contoh :
- penggunaan pupuk organik menjadi anorganik
- alat pembajak sawah yang awalnya menggunakan sapi, sekarang menggunakan sapi.

C. Faktor penyebab terjadinya perubahan sosial tersebut :
- adanya penemuan baru (inovasi)
- pengaruh kebudayaan masyarakat lain
- adanya kontak dengan kebudayaan luar
- adanya ketidak puasa, masyarakat dalam bidang pertanian

Anonim mengatakan...

A. ya ada karena didalam pertanian masa kini sudah bertolak belakang. yang awalnya menggunakan pupuk organik, sekarang menggunakkan pupuk anorganik. Lalu adanya perubahan mekanisasi pertanian.

B. Perubahannya yaitu dari bahan penggunaan pupuk dan alat pembajaknya. Contohnya :
- penggunaan pupuk organik menjadi pupuk anorganik.
- dulunya menggunakan sapi, sekarang menggunakkan mesin.
- dan sekarang sudah menggunakkan zat kimia sebagai alat pembasmi hama.

C. Faktor penyebab terjadinya perubahan sosial yaitu.
- adanya penemuan baru (inovasi)
- pengaruh kebudayaan masyarakat lain
- adanya kontak dengan kebudayaan luar.
- adanya ketidakpuasan masyarakat dalam bidang pertanian

Nama : Dymas ockyar serrian
Absen : 10
Kelas : XII IPS B

Anonim mengatakan...

A.Ada,Perubahannya terlihat dari peralatan yang tadinya masih menggunkan alat-alat tradisional menjadi modern.
B.Perubahan yang terjadi adalah perubahan revolusi yang berlangsung secara cepat.
C.Karena adanya penemuan baru dan karena adanya pengaruh dari budaya luar .

Nama : Mikhael Parulian
Absen :29
Kelas : XII IPS B