Rabu, 13 November 2013

MEMUDARNYA JATI DIRI

REMIDIAL UNTUK XII IPS C Ada seorang pemuda dari Indonesia yang menuntut ilmu disebuah Negara Eropa selepas ia menamatkan sekolah menengahnya di tanah air. Otaknya memang encer, ia dapat menamatkan bangku kuliah dengan waktu 4 tahun dengan nilai yang sangat memuaskan. Karena prestasinya itu sebuah perusahaan bonafide setempat menawarinya sebuah jabatan mentereng. Bekerjalah ia disana. Setahun, dua, lima, sepuluh, bahkan limabelas tahun ia sangat enjoy disana. Kalau ke Indonesia, ia hanya liburan dan menengok keluarganya. Ia bahkan tidak mau mencari uang (bekerja) di Indonesia. Alasan yang selalu di kemukakan apa bila ada yang bertanya mengapa, adalah ia merasa tenaganya lebih di hargai di Eropa. Lebih-lebih ia melihat, akhir-akhir ini Indonesia tidak aman. Jadi, ia merasa tidak aman di negerinya sendiri. Dalam kasus ini , si pemuda mengalami pemudaran rasa nasionalisme dan rasa kecintaannya pada Negara Indonesia. Berdasarkan kasus diatas, apa yang sedang dialami oleh si pemuda tersebut? Menurutmu bagaimana seharusnya pemuda tersebut bersikap? Dalam hal ini, jati diri pemuda sebagai bangsa Indonesia telah memudar, lantas bagaimana cara yang tepat untuk mengantisipasi memudarnya jati diri bangsa secara keseluruhan? Tulislah hasilnya dalam komentar mu di blok ini!

35 komentar:

Bagus Bagus mengatakan...

pemuda ini mengalami krisis nasionalisme tehadap negaranya,karna ia lebih merasa tenaganya lebih dihargai di negara lain. Menurut saya pemuda itu harus lebih mengutamakan tanah airnya karna jika pemuda itu mengutamakan negaranya pendapatan negara bisa naik sehingga kemungkinan pendapatan pemuda itu bisa naik
cara mengatasi memudarnya jati diri bangsa adalah
1 Meningkatkan Pemahaman tentang Bhinneka Tunggal Ika
2 Menggunakan Pancasila sebagai Filter Budaya Asing dan Kemajuan Iptek
3 Menunjukkan Prestasi Putra Putri Bangsa Indonesia
4 Bersikap Kritis terhadap Perubahan

Eko Bagus N XII ips c

Anonim mengatakan...

Tidak menyalahkan pemuda nya juga karna menurut dia di indonesia tenaganya tidak dihargai tetapi menurut saya sendiri memudarnya jati diri bangsa pada pemuda ini karnaa dia tidak memakai pancasila sebagai pedoman dan tidak punya filter budaya asing sehingga dia menjadi lebih membanggakan negara lain dan tidak mau tenaganya dipergunakan dan dimanfaatkan oleh negaranya sendiri

M.Rizky
XII IPS C

Anonim mengatakan...

menurut saya pemuda tersebut kehilangan jatidiri bangsanya . tetapi pemuda tersebut tidak sepenuhnya salah , karna yang saya tahu diindonesia memang segala sesuatu kurang di hargai . contohnya seperti B.J Habibie diIndonesia dia di acuhkan tetapi di jerman dia sangat di hargai . namun seharusnya jika memang pemuda tersebut tidak mau bekerja di indonesia setidaknya ia mengajarkan apa yang ia sudah dapat di eropa , agar kelak berguna bagi bangsanya dan tetap menjunjung nilai nilai pancasila karna pancasila merupakan kepribadian bangsa indonesia .


Cipto Aldi
XII IPS C

rachmawati nadhila mengatakan...

Menurut saya perilaku pemuda tersebut hanya memikirkan diri sendiri, karena dia merasa tenaga nya hanya dibutuhkan di negeri orang bukan di Indonesia, padahal jika ia mau bekerja di Indonesia dia dapat memajukan negaranya melalui pekerjaannya. Kalaupun dia ingin bekerja di luar negeri itu hanya memajukan diri sendiri, pemuda tersebut tidak memiliki jiwa nasionalisme.

- Nadhila Rachmawati (30) 12ipsC

Anonim mengatakan...

Menurut saya, pemuda tersebut mengalami krisis jati diri bangsa sehingga menyebabkan hilangnya jati diri kebangsaan pemuda tersebut. Pemuda tersebut seharusnya tidak melupakan bangsanya sendiri dan harus memajukan bangsanya dengan bekerja di negaranya sendiri demi kemajuan bangsanya. Untuk mengatasi krisis memudarnya jadi diri bangsa seperti yang pemuda tersebut alami yaitu dengan cara meningkatkan pemahaman tentang pancasila, menggunakan pancasila sebagai filter budaya asing, pemahaman tentang persatuan dan kesatuan dan penanaman nilai kenegaraan sejak kecil.

Bima Luthfi Anandito
XII IPS C
Absen 7

Anonim mengatakan...

Jadi, menurut saya. Pemuda itu mengalami kurangnya rasa cinta terhadap tanah air, dan kita juga, kita tidak bisa mengatakan dia bersalah karena mungkin dia tidak dianggap saat di indonesia atau lebih tepat nya jasa nya kurang di hargai saat dia di indonesia di banding saat ia, diluar negeri.
Solusi yang tepat untuk mengatisipasi hal ini secara keseluruhan adalah dengan lebih menanankan nilai2 pancasila dan lebih mengahargai jasa2 anak bangsa agar hal seperti ini tidak terjadi lagi.

-Well Joshua
XII ips C

Viska Narulita mengatakan...

Menurut saya pemuda tersebut mengalami degradasi nasionalisme dikarnakan pemuda tersebut mengganggap lebih dihargai dinegara eropa namun hal ini juga disebabkan ketidak pedulian pemerintah terhadap tenaga produktif sehingga apresiasi yg diberikan sangatlah sedikit.hal ini hendaknya dapat dijadikan sebagai bahan perbaikan untuk kedepannya.
Cara untuk mengantisipasi memudarnya jati diri bangsa secara keseluruhan yaitu dengan:
1. Meningkatkan pemahaman tentang bhineka tunggal ika
2. Menggunakan pancasila sebagai filter budaya asing & kemajuan IPTEK
3. Memotivasi bangsa Indonesia untuk bersikap krisis terhadap perubahan
4. Menggambarkan tantangan tantangan global yang harus dihadapi bangsa Indonesia.


- Viska Narulita XII IPS C

Anonim mengatakan...

menurut saya pemuda tersebut tidak sepenuhnya salah, dia memang salah karena dia tidak mau membangun bangsanya dengan bekerja di dalam negeri dan memajukan bangsa, tapi mungkin dia bekerja di luar negeri karena ia merasa tidak dihargai di indonesia atau karena gajinya di luar negeri lebih besar karena kurs mata uang yang berbeda, menurut saya harusnya pemuda itu bekerja di indonesia sampai dia dapat menyumbangkan sesuatu yang berguna untuk bangsa lalu boleh bekerja di luar negeri
cara yang tepat untuk mengatasi memudarnya jati diri bangsa adalah yaitu dengan memupuk jiwa nasionalisme sejak dini melalui pelajaran ppkn dan selalu berpegang teguh pada pancasila sebagai pedoman bangsa

Andreas Novaldi XII IPS C

Anonim mengatakan...

Dari kasus di atas, sebenarnya menunjukkan bahwa masyarakat Indonesia banyak yang pintar dan kreatif. Menurut saya sikap pemuda ini sebenarnya ada benarnya juga walaupun salah. Secara tidak langsung dia mengkritik pemerintah agar bersikap lebih peduli pada pendidikan dan pekerjaan masyarakat Indonesia dengan upah / gaji yang selayaknya.
Disamping itu, sikap pemuda ini salah karena dia kurang menghargai tanah air nya sendiri. Menurut saya, dia boleh saja tinggal di luar negeri dan bekerja disana, tapi jangan sampai rasa nasionalisme kepada Indonesia berkurang. Biar gimana pun pemuda itu pernah lahir dan tinggal di Indonesia.

Eka Ayu Novianti. XII IPS C.

Fachry IN second edition mengatakan...

Menurut saya, ia merasa tidak aman di negerinya sendiri. Dalam kasus ini , si pemuda mengalami pemudaran rasa nasionalisme dan rasa kecintaannya pada Negara Indonesia. Hal itu bia sebabkan karena mungkin di lingkungan indonesia orang tersebut kurang di hargai ilmunya, terbukti dengan perusahaan luar negeri yg menawari ia pekerjaan. Dan akhirnya dia lebih senanh disana karena merasa ilmunya dihargai, di saat sekarang ini juga banyak orang seperti ini seperti Sri Mulyani yang awalnya sebagai mentri ekonomi di Indonesia, lalu karena banyak yang orang yang tidak menghargainya, bahkan iya di fitnah sebagai tersangka korupsi yg tidak terbikti. Tapi nyatanya sekarang ia malah menjadi ketua ekonomi pbb yg mewakili asia.

Seharusnya pemuda tersebut mengenali statusnya sebagai bangsa indonesia, sehingga ia cinta dengan bangsanya seperti BJ.Habibie yang sekarang kembali ke indonesia untuk memajukan perudaraan indonesia.

FACHRY ALAMSYAH P.
XII-IPS C
NO. ABSEN 14

Anonim mengatakan...

Anonim berkata...
Jadi menurut saya pemuda tersebut mengalami hilangnya cinta terhadap tanah air, cara menanganinya pemuda tersebut harusnya tidak melupakan negaranya, karena disana lah dia di didik dan di besarkan~

Ferry Anton P. S.
No. 16
Kelas 12 ips C

Anonim mengatakan...

Menurut saya anda salah menilai pemuda tersebut.

Anonim mengatakan...

Pemuda tersebut mengalami pemudaran rasa nasionalisme cara mengatasi yang tepat adalah dengan mendalami arti pancasila. Seharusnya pemuda tersebut lebih cinta terhadap tanah airnya dari pada luar negri. Seperti mencontoh bj.habibie yg kembali keindonesia untuk memajukan indonesia

Iqbal Maulana
XII IPS C
Absen 21

Anonim mengatakan...

Menurut saya, pemuda tersebut terkena dampak westernisasi. Meskipun membawa dampak baik baginya, yaitu tingkat pendidikan yg ia dapatkan jauh lebih berkualitas dan mendapat pekerjaan yang layak dibarengi dengan upah yang sepadan, ia mengalami krisis kepercayaan dengan bangsanya sendiri. Dia sudah menerima suatu pengajaran yang baik dan berkualitas di luar negeri yang menyebabkan dia menganggap remeh situasi yang ada di negaranya sendiri. Solusi yang bisa saya berikan untuk hal ini adalah dengan mencoba untuk bekerja di Indonesia dan merasakan apa yang sebenarnya terjadi di negaranya sendiri.

Jessica Laurentcia
XII IPS C

Achmad Puji Seyiawan mengatakan...

Pemuda tersebut sedang merasakan kenikmatan berada di negara luar dibandingkan di negaranya sendiri dan rasa nasionalisme yang kurang didalam dirinya disebabkan oleh tidak adanya kepedulian dengan negaranya sendiri.
Pemuda tersebut sebagai bagian dari bangsa Indonesia harus peduli terhadap negaranya sendiri dengan cara mengembangkan ilmu pengetahuan yang ia punya dari negara luar negri kepada rakyat Indonesia, agar kedepannya negara Indonesia bisa lebih mampu dalam ilmu pengetahuan dibandingkan negara lain.
Dimulai dari pemuda tersebut harus mencintai negaranya sendiri, dengan begitu akan muncul rasa nasionalisme yang tinggi untuk mengembangkan Indonesia agar lebih maju dari negara lain. Atau nasihatilah dia dengan nilai-nilai pancasila agar hatinya bergerak untuk memajukan Indonesia. Pemuda tersebut mempunyai ilmu dari negara lain yang pastinya sangat bermanfaat untuk rakyat Indonesia agar bisa lebih maju.

ACHMAD PUJI SETIAWAN
XII IPS C
01

Anonim mengatakan...

Pemuda ini sebenarnya tidak salah seutuh nya. Indonesia saja yang selalu menyia-nyiakan & menyepelekan prestasi-prestasi bangsa nya sendiri. Dan di eropa gaji nya pun lebih besar di bandingkan di indonesia. Tapi memang jati diri bangsa pada pemuda ini sudah memudar. Karna pemuda ini sudah tidak punya lagi rasa nasionalisme.

Nadia khairumi

muhammad rizky mengatakan...

Menurut saya pemuda ini tidak sepenuhnya salah dan tidak benar juga.
Wajar dia merasa tidak dihargai di negaranya sendiri karna Indonesia sendiri pun kurang menghargai tenaga kerja rakyatnya sendiri.
Dia juga seharusnya tidak sepenuhnya kehilangan jiwa Indonesianya, dia seharusnya ingat Indonesia adalah tempat tanah kelahirannya seharusnya ia bisa membanggakan Indonesia dengan ilmu kemampuannya yg di miliki.
Vinka Nilavia XII IPS C

Anonim mengatakan...

Pemuda ini sebenarnya tidak salah seutuh nya. Indonesia saja yang selalu menyia-nyiakan & menyepelekan prestasi-prestasi bangsa nya sendiri. Dan di eropa gaji nya pun lebih besar di bandingkan di indonesia. Tapi memang jati diri bangsa pada pemuda ini sudah memudar. Karna pemuda ini sudah tidak punya lagi rasa nasionalisme.

Nadia khairumi
XII IPS C

Sucia Clarita mengatakan...

Pemuda tersebut mengalami pemudaran jati diri terhadap bangsa asal nya. Seharusnya pemuda tersebut harus lebih cinta pada tanah air nya tersebut di banding kan di negara tempat ia bekerja. Karna bagaimana pun juga indonesia tetap merupakan tempat kelahiran nya dan tempat ia di besarkan hingga ia bisa lulus sma dan melanjutkan keluar negri. Seharusnya pemuda tersebut menganggap indonesia adalah rumah nya. Dan bukan hanya sekedar tempat untuk liburan saja. Cara untk mengantisipasi memudarnya jati diri banhsa adalah:
1.meningkatkan pemahaman tentang bhineka tinggal ika. Jika rasa kebinekaan itu dapat terus di pertahankan atau ditingkatkan tentunya rasa kebangsaan dapat juga terus dijaga.
2.menggunakan pancasila sebagai filter budaya asing dan kemajuan iptek. Dengan menjadika pancasila sebagai filter budaya asing dan kemajuan teknologi kita dapat lebih bersikap bijaksana dalam memilah nilai nilai yg sesuai dengan jati diri bangsa.
3.memotivasi bangsa indonesia untuk bersikap kritis terhadap perubahan. Dengan sikap ini kita dapat mengambil keuntungan dari perubahan yg ada tanpa terjerumus atau terpengaruh oleh dampak negatif yang ditimbulkan oleh perubahan tersebut.
Sucia Clarita
XII IPS C

Aini Kusnandar mengatakan...

Pemuda tersebut memiliki rasa nasionalisme yang kurang.namun,hal ini disebabkan oleh kondisi bangsa indonesia yang kurang memerhatikan generasi mudanya untuk mendapatkan penghargaan yang lebih layak sehingga banyak dari mereka yang berpindah ke luar negeri.
Seharusnya,pemuda tersebut bersikap lebih toleran terhadap bangsa sendiri.bangsa indonesia memerlukan banyak tenaga ahli yang mampu membangun indonesia . Meskipun penghargaan yang didapat tidak sebanyak di luar negeri setidaknya pemuda tersebut dapat mendirikan lapangan kerja di indonesia di kemudian hari sebagai bentuk balas jasa kepada tanah air.

Nur'aini ramadhanti
XII IPS C
Absen : 34

Sucia Clarita mengatakan...

Pemuda tersebut mengalami pemudaran jati diri terhadap bangsa asal nya. Seharusnya pemuda tersebut harus lebih cinta pada tanah air nya tersebut di banding kan di negara tempat ia bekerja. Karna bagaimana pun juga indonesia tetap merupakan tempat kelahiran nya dan tempat ia di besarkan hingga ia bisa lulus sma dan melanjutkan keluar negri. Seharusnya pemuda tersebut menganggap indonesia adalah rumah nya. Dan bukan hanya sekedar tempat untuk liburan saja. Cara untk mengantisipasi memudarnya jati diri banhsa adalah:
1.meningkatkan pemahaman tentang bhineka tinggal ika. Jika rasa kebinekaan itu dapat terus di pertahankan atau ditingkatkan tentunya rasa kebangsaan dapat juga terus dijaga.
2.menggunakan pancasila sebagai filter budaya asing dan kemajuan iptek. Dengan menjadika pancasila sebagai filter budaya asing dan kemajuan teknologi kita dapat lebih bersikap bijaksana dalam memilah nilai nilai yg sesuai dengan jati diri bangsa.
3.memotivasi bangsa indonesia untuk bersikap kritis terhadap perubahan. Dengan sikap ini kita dapat mengambil keuntungan dari perubahan yg ada tanpa terjerumus atau terpengaruh oleh dampak negatif yang ditimbulkan oleh perubahan tersebut.
Sucia Clarita
XII IPS C

Anonim mengatakan...

Pemuda tersebut memiliki rasa nasionalisme yang kurang.namun,hal ini disebabkan oleh kondisi bangsa indonesia yang kurang memerhatikan generasi mudanya untuk mendapatkan penghargaan yang lebih layak sehingga banyak dari mereka yang berpindah ke luar negeri.
Seharusnya,pemuda tersebut bersikap lebih toleran terhadap bangsa sendiri.bangsa indonesia memerlukan banyak tenaga ahli yang mampu membangun indonesia . Meskipun penghargaan yang didapat tidak sebanyak di luar negeri setidaknya pemuda tersebut dapat mendirikan lapangan kerja di indonesia di kemudian hari sebagai bentuk balas jasa kepada tanah air.

Nur'aini ramadhanti
XII IPS C
Absen : 34

muhammad rizky mengatakan...

Keinginan bergerak maju dan penghidupan yang lebih baik mendorong proses globalisasi bergerak cepat seperti artikel diatas. Dengan proses yang cepat perlu adanya filter yang kuat. Dengan mempertahankan dan meningkatkan rasa kebhinekaan dan persatuan, menggunakan pancasila sebagai filter budaya asing dan meningkatkan prestasi sebagai putra putri bangsa. NINA ANGGRAINI XII IPS C 31

Anonim mengatakan...

Yang dirasakan pemuda tersebut memang sering terjadi di indonesia. Tetapi yg dilakukan pemuda tersebut tdk pantas karena dia melupakan indonesia yg sebagai bangsa dia sendiri,tanahsendiri kelahiran dia sendirikelahiran seharusnya dia lebih mencintai indonesia dan tdk hanya dijadikan tmpt wisata dia yg hanya dijadikan tmpt berkunjung
Caranya:meningkatkan pemahaman ttg bhinneka tunggal ika,menggunakan pancasila sebagai filter budaya asing dan kemajuan iptek
Chaulia damayanti XII IPS C

Bobby oka Fathur Bahri mengatakan...

Harusnya pemuda ini menghargai bangsanya sendiri. Meskipun pemuda ini tidak salah bekerja ke luar negri tapi dia harus menghormati dan tidak melupakan bangsa nya. Banyak prestasi2 yang lebih baik daripada luar negri yang di kalah kan oleh indonesia dan pemuda itu jgn pernah melupakan prestasi indonesia - Bobby Oka Fathur Bahri XII IPS C

Fachry IN second edition mengatakan...

1. Pemuda tersebut mengalami Kehilangan jatu diri dikarenakan pemuda tersebut merasakan bahwa ia lebih senang di negara lain dibanding negara asalnya.
2. Sikap kita semestinya tetap mencintai negara asal kita karena bagaimanapun kita memperoleh pendidikan yang pertama dan bisa seperti ini berkat negara kitaa dan setelah kita memperoleh ilmu di luar negeri kita harus mengajarkan ilmu yang kita dapat ke negara kita.
3. Meningkatkan pemahaman tentang Bhinneka Tunggal Ika, Menjadikan Pancasila sebagai Pandangan hidup bangsa, Mempertebal ideologi dan rasa Nasionalisme Bangsa.

Mochammad Aldi Syabanj
XII IPS C
E

Anonim mengatakan...

Menurut saya pemuda tersebut kehilangan rasa nasionalisme.
seharusnya pemuda tersebut tetap memilih untuk mengabdikan dirinya kepada negaranya.
seharusnya negara memberikan apresiasi kepada orang yang seperti pemuda tersebut.

ANDY HILMAWAN
XII IPS C

Anonim mengatakan...

Menurut saya, pemuda itu hanya memikirkan diri sendiri, karena dia merasa tenaga nya, dibutuhkan di luar negeri padahal masih banyak yang membutuhkan nya di dalam negeri. Rasa jiwa nasionalisme pada pemuda itu kurang. Karena dia lebih merasa akan dibutuhkan nya di luar negri sehingga dia melupakan begitu saja tempat ia lahir walaupun pemuda itu pernah datang lagi ke dalam negri untuk menengok orang tua nya.

NOGA WALUYA
XII IPS C

Anonim mengatakan...

•apa yang sedang dialami oleh si pemuda tersebut?
Menurut pendapat saya pemuda itu bingung, mungkin didalam hatinya iya ingin bekerja dan tinggal di indonesia , tapi karena ia merasa di indonesia tidak aman dan tenaganya lebih dihargai di Eropa dari pada di indonesia Ia memilihh tinggal di Eropa.

•mengantisipasi memudarnya jati diri bangsa secara keseluruhan dengan cara:
. Meningkatkan pemahaman tentang bhineka tunggal ika
. Menggunakan pancasila sebagai filter budaya asing & kemajuan IPTEK
Dan masi banyak lagi.



Nama : MARTIN JEPRI HASIHOLAN
KLS : XII IPS C
Absen: 26

Anonim mengatakan...

Pemuda tersebut rasa nasionalismenya telah memudar, karena dia tidak mau bekerja dan memajukan negaranya sendiri, dan lebih mementingkan bekerja dinegara orang lain.
Cara mengatasi memudarnya jati diri tersebut adalah :
1. Lebih meningkatkan iman dan taqwa kita terhadap Tuhan Yang Maha Esa
2. Meningkatkan pemahaman tentang Bhineka Tunggal Ika
3. Memotivasi bangsa Indonesia untuk bersikap krisis terhadap perubahan
3. Menggunakan Pancasila sebagai filter budaya asing dan kemajuan iptek
4. Menunjukkan prestasi putra putri bangsa Indonesia
5. Bersikap kritis terhadap perubahan yang ada
6. Meningkatkan mutu SDM di Indonesia

Evania Handayani Rahayu (14)
XII IPS C

Anonim mengatakan...

Dari kasus diatas, saya melihat bahwa pemuda tersebut mengalami pemudaran jati diri bangsa yang disebabkan oleh tidak adanya rasa cinta terhadap tanah air Indonesia. Namun tidak dapat disalahkan seutuhnya karena dari Eropa lah ia memperoleh kehidupannya. Seharusnya pemuda tersebut memang tetap menanamkan rasa cinta tanah air Indonesia walaupun ia berada di negara Eropa.
Maharani Oktavera
XII IPS C

Anonim mengatakan...

Dalam hal ini si pemuda telah kehilangan rasa percayanya terhadap negaranya sendiri yaitu indonesia dan cara untuk mengantisipasinya ialah dengan meningkatkan pemahaman tentang bhinneka tungal ika , menggunakan pancasila sebagai filter budaya asing dan kemajuan iptek , menunjukkan prestasi putra putri bangsa indonesia , menggambarkan tantangan tantangan global yg harus dihadapi bangsa indonesia dan memotivasi bangsa indonesia untuk bersikap kritis terhadap perubahan . -Mario Bellino XII-IPS C

Anonim mengatakan...

Seperti nya anda masih kurang memahami.

Anonim mengatakan...

Perkembangan zaman dapat merubah segalanya termasuk kepribadian pemuda ini yang telah tertanam salah satunya yaitu Globalisasi.Era globalisasi ini ternyata bak pedang bermata dua. Dapat membawa menjadi pribadi yang lebih bermutu atau bahkan menjadi pribadi yang tidak tahu diri.Oleh karena itu,Sebagai generasi penerus bangsa hendaknya dapat menghormati para pendiri bangsa melalui prestasi dan rasa nosionalisme yang tinggi tercinta dan tentunya tidak menghilangkan jati diri bangsa Indoesia dan menjadikan PANCASILA sebagai landasan dalam bertindak

LULU ANGGRAINI
23
XII IPS C

Anonim mengatakan...

Gladys Benedicta
XII IPS C
18

Menurut saya pemuda tersebut mengalami krisis nasionalisme. Namun Ia tidak dapat disalahkan juga karena mungkin Ia menginginkan kehidupan yang lebih sejahtera di luar negeri karena Ia merasa tenaganya diberi upah yang layak sesuai dengan skill yang Ia miliki.
Mungkin cara terbaik yang bisa menumbuhkan rasa nasionalismenya adalah negara ini harus lebih memberikan apresiasi untuk orang-orang dengan skill yang baik sehingga menarik perhatian orang untuk bekerja di sini