Sabtu, 26 September 2009

Arus Balik setelah Mudik Lebaran

Bagi warga Jakarta pada tahun 2009 ini berkesempatan untuk mudik lebaran ke kampung halaman diperkirakan mencapai 27,25 juta orang. Banyak orang mudik untuk menunjukkan keberhasilan di rantau, sebagai show kesuksesan, yang diwujudkan dalam benda-benda materi semacam mobil, aksesoris, perhiasan sampai oleh-oleh dan bagi-bagi uang pada kerabat. Sudah selayaknya keberhasilan itu, ingin ditunjukkannya pada keluarga dan kerabat bahwa dirinya telah berhasil untuk dihormati kaum kerabatnya. Ada suatu keluarga yang selama ini tidak dianggap keluarga pulang bermobil BMW, berarloji rolex, dan logatnya sudah jakartaan. Tentu saja dia jadi bintang diantara kerabatnya. Hebat dia. Kepulangannya menaikkan status. Ia berhasil dalam perantauannya.

Namun setelah selesai lebaran harus segera kembali ke Jakarta, untuk kembali kepada pekerjaan semula. Inilah yang membuat arus balik ke Jakarta sangat meningkat. Kita dapat melihat di berbagai siaran Sejak H+4 kemarin hingga Jumat (25/9) Ratusan calon penumpang kereta api kelas ekonomi di sejumlah stasiun KA tak terangkut di Stasiun Madiun, Jawa Timur. Mereka tak bisa terangkut karena kereta yang datang sudah penuh. Puncak arus balik melalui Stasiun Madiun diperkirakan terjadi pada H+6. Demikian juga di Stasiun Purwokerto, Jawa Tengah, Tingginya lonjakan jumlah penumpang kereta api ekonomi membuat ribuan orang berdesakan untuk berebut masuk kereta. Akibatnya sejumlah calon penumpang pingsan karena tak kuat berdesakan. Sedangkan penumpang yang tidak mendapatkan tempat duduk rela bergelantungan di pintu dan lorong kereta api, kendati hal itu sangat berbahaya. Mereka mengaku terpaksa rela berdesakan karena harus segera kembali ke Jakarta untuk kembali bekerja.

3 komentar:

Sri Hastono mengatakan...

Namun setelah selesai lebaran harus segera kembali ke Jakarta, untuk kembali kepada pekerjaan semula. Inilah yang membuat arus balik ke Jakarta sangat meningkat. Kita dapat melihat di berbagai siaran Sejak H+4 kemarin hingga Jumat (25/9) Ratusan calon penumpang kereta api kelas ekonomi di sejumlah stasiun

dianpertiwi mengatakan...

Wah, sudah arus balik libur lebaran.
Sepertinya akan terjadi kemacetan lagi, seharusnya jalur yang di buka pada waktu lebaran jngan hanya satu saja, tetapi semua jalur yang bisa membuat lancar lalu lintas.

OKKY DIAN SATRIA
S.A

dianpertiwi mengatakan...

DANANG DWI CAHYO. S.A

huhh,,,arus balik setelah lebaran pdat sekali terjadi kemacetan dimana2,,,parah sekali macet'a atran polisi bkin arah 1 jalur saja,,,supaya kemacetan tdk terlalu parah,,,saking bnyk'a orng2 ingin pulang kjakarta lagi untuk menjalankan aktivitas'a sehari hari,,,
kereta dan bis tiket'a langsung abis,,bnyk orng yg memesan dri jauh2 hari,,,,